Kamis, 16 Desember 2010

Kota Salak di Sumatera Utara

Padang Sidempuan merupakan sebuah kota yang terletak diselatan Sumatera Utara, dimana beberapa penduduknya bekerja sebagai petani Salak, persisnya didaerah parsalakan, sitinjak, sibakkua, dan beberapa daerah lainnya di Padang Sidempuan, Padang Sidempuan terbentuk menjadi Kotamadya pada tanggal 17 Oktober 2001, sesuai dengan UU No.4 tahun 2001.
Sekitar tahun 1700 Kota Padang Sidempuan yang sekarang adalah sebuah desa kecil yang disebut Padang Na Dimpu yang berarti sebuah daratan tinggi yang banyak ditumbuhi ilalang yang tinggi tepatnya dikampung bukit Kelurahan wek II, dipinggiran sungai sagumpal bonang.
Pada tahun 1825 oleh Tuanku Lelo, yaitu salah seorang pengiriman pasukan kaum padri, dibangun benteng padang sidempuan yang lokasinya ditentukan oleh tuanku tambuasai, yang dipilih karena cukup strategis ditinjau dari sisi pertahanan karena dikelilingi oleh sungai yang berjurang.
Padang Sidempuan dapat ditempuh dari kota Medan dengan menumpangi Travel L300, biasa disebut Taxi oleh penduduk Padang Sidempuan yang terletak dijalan Sisingamangaraja Medan, ongkos biasanya 110rb dengan Taxi, dan 85rb dengan menumpang Bis umum kelas ekonomi.

2 komentar:

Silahkan Saran dan Kritik Anda